Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Losari (Bts. Jabar) – Pejagan Kabupaten Brebes
https://doi.org/10.33772/medkons.v9i4.80
Keywords:
Kerusakan Jalan, Perkerasan, Pavement Condition IndexAbstract
Jalan Losari (Bts. Jabar) - Pejagan adalah jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah di sepanjang pesisir utara. Dengan berkembangnya sektor industri di ruas tersebut, khususnya di Kecamatan Losari, jalan ini sering digunakan oleh kendaraan berat yang masuk dan keluar dari kawasan industri. Studi ini akan menilai dimensi, jenis, dan tingkat kerusakan pada jalan. Penelitian dilaksanakan dengan tahapan awal survei guna memperoleh data primer, yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam masa pengawasan jalan. Metode analisanya menggunakan Pavement Condition Index (PCI). Pada ruas jalan Losari (Bts. Jabar) - Pejagan di Km. Smg. 194+000 hingga 203+434, ditemukan jenis kerusakan sebagai berikut: 1. Lubang 2,93%, 2. Pelepasan Butir 28,67%, 3. Lubang 12,27% dan Retak Kulit Buaya 12,00%, 4. Pelepasan Butir 36,67% dan Tambalan 50,00%, 5. Pelepasan Butir 26,67%, Lubang 29,33%, dan Tambalan 38,00%, dengan nilai PCI sebesar 54,37 yang termasuk dalam kategori Sedang. Penanganan yang direkomendasikan mengacu pada Buku Pedoman Praktik Pemeliharaan Jalan (1992) meliputi Penambalan Lubang (P5), Pengaspalan (P2), dan Penambalan Retakan (P4). Kesimpulannya, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, disarankan agar segera dilakukan perbaikan pada permukaan jalan dengan menggunakan konstruksi rigid beton.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Awaludin, Susilowati Susilowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.